Tuesday 10 February 2015

Cara mudah belajar bahasa Inggris

    



    Saat ini mungkin anda sedang mencari cara untuk belajar bahasa inggris baik berbicara, menulis, mauppun menghafal semua aturan tata bahasanya. Metode pembelajaran bahasa inggris yang tidak tepat malah dapat membuat kita menjadi frustasi dan tidak mood untuk belajar kembali. Sehingga pembelajaran yang dilakukn akan menjadi sia-sia dan tidak menghasilkan apapun.

Setidaknya ada tiga lagkah yang dapat dilakukan untuk memudahkan kita dalam belajar bahasa inggris dan membuahkan hasil. langkah-langkahnya akan dijelaskan secara rinci dan pahami baik-baik.

1.Fokus pada Input dan bukan hanya output

Kebanyakan kita saat belajar bahasa inggris akan memberikan pemahaman bahwasanya kunci untuk  menguasai bahasa inggris adalah dengan menulis dan berbicara. Tidak ada yang salah dengan itu, karena dengan berbicara langsung akan memudahkan kita dalam mendapatkan kemampuan bahasa inggris dan mengingat melalui menulis.

Tetapi ada hal yang dapat meningkatakan pemahaman kita akan bahasa inggris melalui kemampuan mendengar. Ini merupakan salah satu kunci untuk meraih keberhasilan dalam komunikasi bahasa inggris. Dengan melatih pendengarana kita melalui percakapan bahas inggris maupun lagu-lagu bahasa inggris akan membuat kita semakin ahli dalam menguasai bahasa inggris. Mungkin akan dibutuhkan waktu berjam-jam bahkan bisa sampai berhari-hari untuk kita dapat benar-benar menguasainya.

Dengan mendengarkan beragam kata dalam bahasa Inggris dalam waktu yang lama, maka kemampuan mendengarkan bisa meningkat pesat. Anehnya, kita juga akan meningkatkan kemampuan dengan pesat dalam konteks berbicara. Situasi tersebut telah terbukti dan kemudian, kita harus menjadi orang berikutnya yang membuktikan hal tersebut.

2. Perbanyak Grammar, tapi jangan jadikan beban

Sebagai seoarang mahasiswa, tata bahasa sangat penting bagi kita. Mengapa demikian? karena status bahasa inggris di Indonesia adalah bahasa asing, bukan sebagai bahasa ibu atau bahasa kedua. Oleh karena itu, tata bahasa adalah sesuatu yang harus dipelajari. Namun, jangan diangkap bahwa grammar menjadi beban. Kita perlu menyesuaikannya sesempurna mungkin.

Dalam menulis, tata bahasa tentu sangat penting. Tetapi ketika berbicara bahasa inggris, kita bia sedikit menoleransi kesalahan tata bahasa atau gramatikal. Namun, apa yang kita katakan harus jelas. Tata bahasa sangat penting,tetapi tidak mengalahkan keberanian kita untuk mengekspresikan bahasa inggris.

3. Ulangi dan ulangi perlahan

Kunci untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat adalah dengan memperlambat dan mengulang. Dulu di sekolah, kita membaca teks terlalu cepat, dan guru memberikan materi dalam waktu yang kritis. Oleh karena itu, pemahaman seringkali tidak optimal. Kita hanya mendapatkan memori jangka pendek, dan sulit bagi guru untuk mengajar dengan sukses. 

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa pengulangan berulang pada kecepatan yang lebih lambat akan menghasilkan kinerja akademik yang lebih baik. Kita harus mengulang hingga belasan kali untuk mendapatkan materi. Melalui pengulangan ini, memori jangka panjang terbentuk. Kemudian, siswa dapat belajar bahasa Inggris dengan lebih baik, dan tentunya lebih efektif.


Itulah 3 langkah utama dalam cara cepat belajar bahasa Inggris. Sekian dulu ya sobat,semoga sarannya bisa bermanfaat dunia akhirat.

Amin……
abk


0 comments:

Post a Comment

 

Contact our Support

Email us: ababilbintang123@gmail.com